Macam - Macam Model Pembelajaran Bahasa Inggris yang biasa dipakai guru dalam menyampaikan materi yang ingin disampaikan kepada muridnya yang ada dikelas. Dibawah ini akan kami sajikan secara cukup lengkap agar bisa membantu teman-teman semuanya. Semoga Belajar bahasa inggrisnya menjadi lebih semangat lagi dan cepat menguasai segala materi yang diajarkan.
Examples Non Examples
Langkah - langkah:
Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP/LCD.
Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar.
Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas.
Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya.
Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai.
Kesimpulan.
Langkah - langkah:
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
Menyajikan materi sebagai pengantar.
Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi.
Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian.
Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut.
Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai.
Kesimpulan/rangkuman.
Cooperative Script
Skrip kooperatif ialah metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan, bagian-bagian dari materi yang dipelajari.
Langkah - langkah:
Guru membagikan siswa untuk berpasangan.
Guru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan.
Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar.
Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya. Sementara mendengar:
Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap.
Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya.
Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas.
Kesimpulan siswa bersama-sama dengan guru.
Penutup.
Baiklah itulah sedikit ulasan saya tentang model-model pembelajaran yang saya ambil dari beberapa sumber, termasuk dari kuliah saya.
Examples Non Examples
Langkah - langkah:
Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP/LCD.
Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar.
Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas.
Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya.
Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai.
Kesimpulan.
Langkah - langkah:
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
Menyajikan materi sebagai pengantar.
Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi.
Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian.
Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut.
Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai.
Kesimpulan/rangkuman.
Cooperative Script
Skrip kooperatif ialah metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan, bagian-bagian dari materi yang dipelajari.
Langkah - langkah:
Guru membagikan siswa untuk berpasangan.
Guru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan.
Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar.
Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya. Sementara mendengar:
Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap.
Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya.
Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas.
Kesimpulan siswa bersama-sama dengan guru.
Penutup.
Baiklah itulah sedikit ulasan saya tentang model-model pembelajaran yang saya ambil dari beberapa sumber, termasuk dari kuliah saya.
MAU BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN MUDAH DAN CEPAT
DENGAN TEKNIK PALING BRILIANT SAAT INI
TANPA GRAMMAR FULL CONVERSATION
TANPA BASA-BASI LAGI DISINI TEMPAT PALING TEPAT
Artikel terkait